About

Powered by Blogger.
RSS

Text Eksplanasi ; pengertian, karangka, contoh teks eksplanasi pelangi : Khoirul Huda Cyber

Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang berisi penjelasan tentang proses terjadinya peristiwan atau fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lain-lain. Teks eksplanasi tersusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang melibatkan pernyataan umum (pembukaan/pendahuluan), deretan penjelasan (isi), dan  penutup.
Dalam bahasan kali ini kita akan memproduksi teks eksplanasi. Langkah pertama yang kita lakukan untuk membuat teks eksplanasi adalah menentukan tema. Setelah menentukan tema, selanjutnya mengumpulkan bahan pembahasan (data-data), kemudian menyusun karangka, selanjutnya mengembangkan karangka menjadi teks eksplanasi.

A.  Tema
Tema teks eksplanasi yang akan saya buat adalah Fenomena alam dengan judul Proses Terbentuknya Pelangi.

B.  Karangka Teks Eksplanasi yang berjudul “Proses Terbentuknya Pelangi”
1.          Pendahuluan
·      Pengertian secara umum tentang pelangi
·      Ciri/karakteristik secara umum

2.        Isi
·      Arti kata pelangi
·      Proses terbentuk/terjadinya pelangi
·      Karakterisrik/ciri (bentuk pelangi)
·      Macam-macam pelangi

3.        Penutup
·      Simpulan
·      Saran




C.   Teks Eksplanasi
Proses Terbentuknya Pelangi
Tahukah Anda tentang pelangi? Pernahkah Anda melihatnya? Pastinya Anda sudah  pernah melihat pelangi, entah secara langsung maupun tidak langsung. Bianglala atau pelangi  merupakan suatu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi terlihat sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi dapat dilihat ketika hujan ringan. atau juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pelangi merupakan : lengkung spektrum warna di langit, tampak karena pembiasan sinar matahari oleh titik-titik hujan atau embun; bianglala; kiwarna yang beraneka macam. Dalam bahasa Indonesia pelangi juga memiliki arti indah.
Pelangi dapat terjadi karena peristiwa pembiasan sinar matahari oleh butir-butir air. Dimulai ketika cahaya matahari melewati butiran air, Lalu ia membias seperti ketika menembus prisma kaca dan keluar menjadi spektrum warna pelangi. Jadi, di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda-beda dengan berderet dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Kemudian, beberapa dari cahaya berwarna ini, dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air. Setelah itu, cahaya keluar kembali dari warna pada pelangi itu tersusun dengan merah di paling atas dan ungu di paling bawah pelangi. Pembelokan ini terjadi karena cahaya bergerak dengan kecepatan berbeda ketika melalui yang berlainan. Pembiasan ini juga yang menyebabkan cahaya putih dipisahkan berdasarkan frekuensinya. Tetesan air hujan berfungsi menyebarkan cahaya matahari sehingga terbentuklah pelangi.
Pelangi memiliki spektrum warna yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Bentuk pelangi berupa lengkungan atau busur terjadi karena tetesan air hujan yang ada di udara berbentuk bulat. Biasanya, bagian bawah pelangi tertutupi oleh bumi sehingga pelangi yang biasa kita lihat hanya berupa bentuk lengkungan atau busur.
Pelangi memiliki beberapa macam seperti pelangi klasik (pelangi primer), pelangi sirkuler, pelangi sekunder, pelangi merah, sundogs, fogbows, pelangi air terjun, pelangi api, dan moonbows.

Dengan demikian, pelangi dapat terjadi karena pembiasan cahaya oleh butir-butir air. Pelangi berbentuk busur dengan memiliki spektrum warna. Pelangi yang berbentuk secara utuh dapat dilihat saat berada di dalam pesawat terbang yang mengudara. Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, dengan syarat matahari, mata si pengamat, dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus. Sudah seharusnya kita bersyukur karena Tuhan telah menciptakan karya yang maha indah yang tidak dapat tertandingi oleh siapapun, serta  yang dapat kita nikmati secara gratis yaitu sebuah busur warna indah yang ada di angkasa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment